05 Feb 2021, 12:56Pernapasan

Apa efek samping dari rokok elektrik vape?

L
Info Penanya: L0
Dok, saya mau tanya. Suami saya sekarang sering sekali merokok pake vape. Apakah rokok eletrik vape lebih aman dibandingkan rokok tembakau?
245 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Merokok baik dari rokok tembakau langsung maupun dari rokok elektrik vape sebenarnya sama-sama tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun karena rokok elektrik vape menimbulkan bau yang wangi maka dianggap seperti tidak berbahaya, terlebih rokok elektrik vape tersedia dalam berbagai varian bau yang sangat menarik seperti permen. Ada istilah EVALI (E-cigarette, or Vaping, product use Associated Lung Injury) untuk menggambarkan adanya gangguan yang terjadi sebagai akibat dari efek samping penggunaan rokok elektrik vape ini.

Beberapa gejala yang sering terjadi akibat penggunaan rokok elektrik vape antara lain:

  • Batuk.
  • Terasa seperti ada dahak di tenggorokan meski tidak sedang batuk.
  • Tenggorokan kering.
  • Sesak napas atau napas terasa tidak bisa longgar.
Beberapa kandungan berbahaya pada rokok elektrik vape adalah nikotin serta vitamin E asetat yang memyebabkan paru-paru tidak bisa melakukan tukar menukar oksigen dengan baik sehingga muncul keluhan sesak napas atau napas terasa berat. Sedangkan pada rokok tembakau kandungan berbahayanya juga kurang lebihnya sama saja cuma tidak terdapat kandungan vitamin E asetat di dalam cairan tetrahydrocannabinol yang digunakan sebagai pelarut cairan rokok elektrik vape.Secara keseluruhan suami Anda tidak dianjurkan untuk merokok baik menggunakan rokok elektrik vape atau rokok tembakau langsung untuk menjaga kesehatan tubuh suami Anda. Cari kegiatan yang bermanfaat agar pikiran suami Anda tidak terfokus untuk selalu merokok. Rutin gosok gigi atau mengunyah permen karet untuk mengurangi kecanduan merokok suami Anda. Lakukan konseling dengan psikiater bila suami Anda sudah sangat ketergantungan.Salam sehat,dr. Vina
berhenti merokokbatuksesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil