09 Feb 2021, 12:33Penyakit Lainnya

Apa efek samping dari obat chloroquine phosphate?

N
Info Penanya: N, Wanita, 28 Tahun
Dok, beberapa waktu lalu saya pernah terjangkit dan salah satu obat yang dikonsumsi adalah chloroquine phosphate. Apakah ada efek samping jika mengonsumsi obat ini dalam waktu yang lama?
628 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Chloroquine phosphate merupakan obat yang sering digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria. Parasit penyebab malaria masuk melalui gigitan nyamuk dan bersarang di dalam jaringan tubuh. Obat ini termasuk golongan antimalaria yang dapat mematikan parasit penyebab malaria.Chloroquine juga bisa digunakan untuk mencegah malaria yang di minum 1-2 minggu sebelum pergi ke daerah endemik malaria. Untuk pasien malaria dosis obat ini adalah 500 mg di minum setelah 6-8 jam, selanjutnya 500 mg chloroquine diminum 1kali/hari selama 2 hari.

Beberapa efek samping chloroquine :

  • Gangguan kosentrasi
  • Gangguan penglihatan seperti muncul kilatan cahaya
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Mual atau muntah
Jika muncul gejala seperti hilang pendengaran mendadak, kejang, lemah bagian otot, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau IGD Rumah Sakit terdekat. Sebaiknya konsumsi obat ini dengan resep dan anjuran dari dokter. Jangan mengkonsumsi obat ini secara sembarangan agar tidak muncul efek samping yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam/hari, olaharaga teratur minimal 3-4 kali/minggu, hindari rokok dan alkohol.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
malariagigitan nyamukparasit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil