07 Feb 2021, 07:22Kulit & Kelamin

Apa efek samping dari kulit kacang mede bagi tubuh?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, kenapa ya setelah saya mengupas kulit kacang mede, tangan langsung timbul ruam dan sangat gatal sekali? Apakah itu efek sampingnya?
470 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Ruam dan rasa gatal yang timbul setelah mengupas kulit kacang mede dapat disebabkan oleh reaksi alergi. Penyebab alergi adalah adanya reaksi sistem kekebalan tubuh yang sensitif terhadap kulit kacang mede, dan menganggapnya sebagai benda yang berbahaya. Selain ruam dan gatal, kulit yang kontak dengan kulit kacang mede juga mungkin mengalami gejala lain, seperti:
  • rasa panas pada kulit
  • mengelupas atau pecah-pecah
  • pembengkakan pada area kulit
Jadi, itulah efek samping dari kulit kacang mede, ya. Tentunya, bagi orang-orang yang tidak memiliki alergi dengan kulit kacang mede, efek samping ini tidak akan terjadi. Sebagai penanganan awal, disarankan untuk tidak menyentuh kulit kacang mede sampai kondisi membaik. Hindari juga mengonsumsi kacang mede maupun jenis kacang-kacangan lainnya, ya. Untuk obat-obatan yang dapat Anda gunakan, coba taburkan bedak salisil atau lotion calamine pada area tangan yang alergi. Anda juga boleh mengonsumsi obat golongan antihistamin yang dijual bebas, misalnya chlorpheniramine maleate, untuk mengurangi rasa gatal.Apabila keluhan tidak membaik dalam waktu satu minggu, atau muncul gejala lain seperti sesak napas atau demam, segera periksakan kondisi Anda kepada dokter kulit. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergigatalalergi kacang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil