Apa efek omega tiga jika dikonsumsi jangka panjang?

KP Info Penanya: KP, Pria
Dok bagaimana efek obat herbal omega tiga jika di konsumsi jangka panjang Pada usia muda dan tua diatas 60 tahun?Sebaiknya minum berapa kali dalam sehari Jika dosisnya 2000 mg / dua kapsul
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KP,

Omega tiga adalah merupakan salah satu asam lemak esensial yang memiliki manfaat kesehatan seperti untuk menjaga pembuluh darah, mencegah stoke, mengurangi peradangan, mengurangi risiko terjadinya gangguan jantung, meningkatkan kecerdasan dan manfaat lainnya seperti menjaga kadar lemak darah.

Omega 3 sendiri sebenarnya bisa didapat dari makanan harian terutama dari ikan seperti salmon, ikan kembung, ikan teri, ikan sarden, ikan bandeng ataupun kerang. Sehingga penting untuk mengonsumsi ikan terutama pada anak saat masa pertumbuhan. Tapi penting untuk memilih ikan yang tidak tercemar seperti misalnya tercemar merkuri.

Kebutuhan harian sendiri antara 1 gram - 2 gram perhari jadi bisa mengonsumsi 1-2 kapsul perharinya. Kelebihan omega 3 sendiri bisa berisiko seperti pecahnya pembuluh darah, memicu toksisitas vitamin A dan D dan juga risiko tercemar merkuri yang bisa berpengaruh pada kesehatan jadi ada baiknya berkonsultasi pada dokter agar disesuaikan dengan kebutuhan dan mendapat omega 3 juga dari bahan pangan harian. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Glioblastoma adalah tumor otak agresif yang biasa diderita oleh orang yang berusia 45 tahun ke atas

Seberapa Ganas Glioblastoma, Tumor Otak yang Diderita Agung Hercules?

Glioblastoma yang dialami oleh Agung Hercules merupakan jenis tumor otak agresif yang dapat menyebar secara cepat dan sulit disembuhkan. Beberapa gejala glioblastoma, antara lain sering sakit kepala, penglihatan buram, dan sering muntah.