Apa efek kalau sering onani?

RD Info Penanya: RD
Apa efek kalau sering onani
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RD.

Pada dasarnya, masturbasi termasuk aktivitas normal jika tidak dilakukan secara berlebihan. Manfaat masturbasi bagi kesehatan seperti mencegah ejakulasi dini, meningkatkan kesehatan jantung, meredakan depresi, dan meningkatkan kualitas tidur.

Namun jika dilakukan secara berlebihan bahkan sampai mencapai kecanduan makan akan memberikan efek buruk bagi tubuh seperti:

1.      Gangguan fisik

Cedera penis atau iritasi dapat terjadi apabila masturbasi dilakukan dengan frekuensi tinggi dan kasar. kontraksi otot yang terjadi saat orgasme dapat memicu nyeri otot, terutama di paha (selangkangan) dan daerah punggung. Gangguan lain yang bisa muncul adalah jantung berdebar-debar, napas cepat, pusing, kesulitan berkonsentrasi, dan lain-lain.

2.      Penurunan gairah seks dengan pasangan normal

Pada kasus masturbasi yang berlebihan, otak sudah terbiasa mendapatkan rangsangan seksual hanya melalui media film atau video, sehingga jika dihadapkan dengan pasangan normal akan mengalami penurunan gairah bahkan dapat terjadi gangguan ereksi dan ejakulasi. Yang akhirnya berakibat mengganggu kualitas hubungan dengan pasangan.

3.      Gangguan psikologi

Gejala yang mungkin timbul adalah sering melamun, gangguan tidur, berfantasi, mudah marah atau tersinggung, merasa bersalah dan maulu, sampai gangguan bipolar.

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Jolinda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.