Apa efek dari mengonsumsi tramadol sebagai obat kuat?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya sering mengonsumsi tramadol polos. Apakah ini dapat mengganggu kesuburan istri saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Tramadol adalah salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri dengan intensitas berat, sehingga sering disalahgunakan untuk menunda ejakulasi agar bisa bertahan lebih lama ketika berhubungan seksual.

Sebenarnya secara langsung tidak ada efek samping terhadap kesuburan istri Anda, namun penggunaan obat ini secara terus menerus akan menimbulkan ketergantungan atau kecanduan dan Anda merasa cepat ejakulasi bila tidak meminum obat ini. Sehingga sebaiknya kebiasaan mengonsumsi obat penghilang nyeri ini harus dihindari.

Untuk mengatasi ejakulasi dini, Anda perlu mengetahui apa penyebabnya. Ejakulasi dini ini bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti depresi, hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan, atau adanya kebiasaan masturbasi.

Sebaiknya bila Anda memang mengalami ejakulasi dini maka yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Melatih senam kegel.
  • Jangan stres.
  • Lakukan komunikasi yang baik dengan pasangan sebelum berhubungan seksual.
  • Lakukan pola hidup sehat.
  • Jangan merokok.
  • Olahraga secara teratur.

Bila keluhan tidak ada perbaikan, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter urologi untuk penanganan yang tepat, bukan dengan cara meminum obat penghilang nyeri. Karena obat yang Anda minum adalah obat golongan keras sehingga pemakaiannya harus di bawah pengawasan dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah orgasme pada wanita dapat berdampak pada hubungan seksual dengan pasangan

Tidak Hanya Pria, Susah Orgasme Juga Bisa Melanda Wanita

Masalah susah orgasme tidak hanya dialami oleh kaum Adam saja, faktanya, kaum Hawa juga dapat merasakan susah orgasme. Susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fisik, psikologis, dan hubungan dengan pasangan.