Apa dosis dan efek samping obat Prednisone?

RD Info Penanya: RD
Dok saya ingin bertanya mengenai resep obat yang saya terima dari sebuah klinik, disini tertulis obat Prednisone dengan dosis 60 mg per hari apakah itu benar dan tidak kebanyakan dok? Apakah efek samping yang bisa dirasakan setelah meminum obat ini? trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo RD,

Prednisone adalah obat golongan kortikosteroid yang digunakan untuk mengatasi peradangan. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi alergi ataupun peradangan pada saluran napas seperti pada asma. Penggunaan jangka panjang sendiri bisa diberikan pada kasus seperti penyakit autoimun.

Dosis penggunaan sendiri tergantung dari penyakit yang mendasari dan juga berat ringannya peradangan yang timbul. Selain itu obat ini tidak boleh dihentikan mendadak tetapi perlu diturunkan dosisnya secara bertahap agar tidak menimbulkan efek samping yang bisa berbahaya bagi tubuh. Penggunaan jangka panjang dari golongan obat kortikosteroid sendiri adalah bisa menyebabkan bengkak atau edema pada wajah, penumpukan lemak di punggung, bengkak di kaki dan lengan, mudah emosi, penurunan daya tahan tubuh, sulit tidur dan lainnya.

Untuk dosis 60 mg sendiri adalah dosis yang maksimal diberikan pada orang dewasa setiap harinya dan bisa diturunkan perlahan selama 3-8 minggu sesuai kebutuhan. Untuk itu kontrol kembali pada dokter yang menangani Anda secara berkala untuk memantau dan menyesuaikan dosis obat yang diberikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Moonface adalah penyakit yang disebabkan oleh pelepasan hormon kortisol tinggi.

Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Moon Face

Moon face adalah kondisi yang terjadi ketika lemak menumpuk di sisi wajah seseorang. Akibatnya, wajah akan terlihat bulat seperti bulan, bahkan telinga tak terlihat, jika dilihat dari depan.