Apa dampak tidak berhubungan seksual selama hamil?

KD Info Penanya: KD, Wanita, 22 Tahun
selamat malam dok.saya umur 22th hamil 4bulan 2mingguyg mau saya tanyakan adalah.apa dampak negatif atau apa ada bahayanya buat ibuhamil/bayinya jikalau selama hamil 9bulan tidak melakukan hubungan intim dengan suami?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KD,

Hubungan seksual saat hamil sendiri memiliki banyak mitos mulai dari dapat menyebabkan keguguran, mengganggu kehamilan ataupun sejumlah mitos lainnya. Faktanya adalah hubungan seksual selama kehamilan tidak memiliki dampak apapun terhadap tumbuh kembang janin ataupun bahaya jika tidak dilakukan selama kehamilan.

Hubungan seksual selama kehamilan pun perlu dicegah jika ada permasalahan kehamilan seperti:
  • Pernah keguguran
  • Ada gangguan letak plasenta
  • Ada riwayat perdarahan selama masa kehamilan
  • Ada nyeri di perut
  • Saat ini hamil bayi kembar
  • Pernah memiliki riwayat melahirkan prematur
  • Ada riwayat penyakit menular seksual

Jika tidak ada hubungan seks saat hamil dapat dibicarakan dengan pasangan apakah ingin dilakukan atau tidak. Jika ibu hamil malah stres karena masalah tersebut justru tidak baik juga untuk janin. Jika memang ingin melakukan ada baiknya memperhatikan beberapa hal seperti salah satunya posisi saat berhubungan seksual. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk menghindari komplikasi kehamilan, Anda perlu menjaga pola makan yang sehat

7 Komplikasi Kehamilan Ini Wajib Anda Perhatikan

Proses kehamilan memiliki beberapa komplikasi yang dapat menganggu kesehatan ibu dan janin. 7 jenis komplikasi kehamilan yang dapat terjadi, agar Anda dapat lebih waspada dan menanganinya.