22 Sep 2021, 16:28Penyakit Lainnya

apa dampak minum susu setelah minum obat pada bayi?

P
Info Penanya: P0
Dok, bayi saya umur 5 bulan suka sekali terserang batuk dan pilek. Saya selalu memberikan obat dan terkadang saya berikannya sebelum minum susu. Apa benar minum susu setelah minum obat pada bayi bisa menyebabkan suatu penyakit? Lalu, kapan waktu yang pas untuk memberikan obat pada bayi?
151 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PPada saat anak sakit para ibu pasti kebingungan bagaimana anak bisa meminumkan obat dengan mudah. Banyak para orangtua yang bahkan mencampurkan obat dengan susu formula anak.

Minum Susu Setelah Minum Obat Pada Bayi

Namun ada beberapa obat yang tidak boleh diberikan bersamaan dengan susu formula karena dapat mengganggu penyerapan obat. Kandungan kalsium di dalam susu dapat mengikat molekul-molekul obat sehingga obat menggumpal dan sulit terserap dengan baik sehingga kerja obat tidak bisa optimal untuk menyembuhkan penyakit anak.Obat-obat yang tidak boleh diberikan bersamaan dengan susu formula antara lain antibiotik, obat maag, dan obat penambah darah. Sehingga sebaiknya jika anda ingin memberikan susu berikan jeda setidaknya 2 jam sebelum atau setelah pemberian obat pada anak. Sedangkan yang boleh diberikan bersamaan dengan susu hanyalah suplemen seperti multivitamin dan probiotik.Minuman yang paling baik saat anak mengkonsumsi obat adalah air putih. Untuk lebih memudahkan pemberian obat pada anak pilihlah yang berbentuk bubuk atau puyer serta sirup yang mengandung rasa.

Mengatasi Bayi Batuk Pilek

Selain itu bayi anda yang sering batuk pilek perlu dicari penyebabnya sehingga bayi tidak sering mengalami kekambuhan dan meminum obat terus-menerus karena setiap obat memiliki efek samping. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak mengenai kondisi bayi anda. Sementara lakukanlah:
  • pembersihan debu di ruang tidur bayi dan penggantian seprei berkala
  • jauhi dari asap dan rokok
  • suhu ruangan yang tidak terlalu dingin atau panas
  • tidak menggunakan bedak tabur pada bayi terutama di daerah wajah
  • gunakan humidifier dan air purifier di ruang tidur bayi
  • usap telon pada bagian punggung dan dada
  • berikan nutrisi yang cukup pada bayi serta obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
penyakit anakbayi pilekkesehatan anakbatuksusu formula
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil