22 Feb 2021, 20:23Penyakit Lainnya

Apa dampak mengonsumsi roti regal bagi penderita maag?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, saya memiliki riwayat penyakit maag, tapi lumayan sering mengonsumsi roti regal. Apakah cemilan ini aman untuk dikonsumsi bagi penderita maag?
30034 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaBiskuit regal adalah biskuit uyang mengandung susu, tepung terigu, mentega, gula pasir dan lain sebagainya. Biskuit ini sering juga disebut dengan miskuit marie. Mengonsumsi biskuit ini bisa sebagai cemilan, tidak mengandung coklat, kopi ataupun kafein sehingga relatif aman bagi penderita maag. Sakit maag adalah kondisi yang terjadi terkait dengan kesehatan lambung. Keluhan yang muncul pada sakit maag adalah nyeri pada ulu hati, mulut terasa asam atau bahkan pahit, mual, perut kembung, muntah, nafsu makan turun, perut terasa perih, mudah kenyang walau makan hanya sedikit, bersendawa dan lain sebagainya. Bila Anda ada riwayat sakit maag, alangkah baiknya bila Anda menghindari beberapa makanan dan atau minuman yang bisa memicu kenaikan asam lambung sehingga menyebabkan sakit maag kambuh.

Adapun beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu kenaikan asam lambung diantaranya adalah:

  • Makanan asam seperti: tomat, jeruk, lemon, nanas dan beberapa buah sitrus yang lainnya.
  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak dan gorengan
  • Makanan atau minuman yang mengandung kopi (kafein)
  • Coklat
  • Bawang putih
  • Minuman bersoda
  • Beberapa bumbu dan rempah seperti bawang putih
  • Menghindari konsumsi alkohol
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan konsumsi roti regal cukup aman bagi penderita maag. Namun, pastikan yang terpenting adalah Anda makan teratur dan tidak menunda jam makan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, konsumsi makanan sehat bergizi, hindari kelelahan, atasi stres, hindari berbaring setelah makan, dan lakukan istirahat cukup. Periksa ke dokter bila ada keluhan terkait kesehatan Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
asam lambungmaagmakanan sehattips kesehatanpencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil