27 Jun 2021, 10:39Penyakit Lainnya

Apa dampak dari homeostasis negatif?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, bagaimana caranya mempertahankan homeostasis agar sistem tubuh tetap seimbang? Apa dampaknya jika homeostasis negatif?
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang FF,Homeostasis adalah proses alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mempertahankan agar semua organ-organnya berfungsi dengan normal. Misalnya, ketika udara di luar sangat dingin, tubuh akan merespon dengan menggigil. Atau ketika seseorang melewatkan waktu makan, maka gula darah akan turun, sehingga orang tersebut merasa lemas kemudian makan kembali.

Ada dua jenis homeostasis, yaitu:

  • homeostasis positif, yaitu ketika mekanisme tubuh mendukung proses sebelumnya; misalnya ketika proses persalinan (sinyal tubuh agar bukaan semakin lama semakin besar sehingga kepala bayi bisa melewati vagina)
  • homeostasis negatif, yaitu ketika mekanisme tubuh berkebalikan dengan proses sebelumnya; misalnya ketika habis berolahraga dan detak jantung meningkat, lalu pada saat beristirahat tubuh akan memberi sinyal agar detak jantung normal kembali
Jadi, dampak homeostasis negatif adalah sesuatu yang normal ya. Kedua jenis homeostasis sama-sama tersebut diperlukan dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh tetap bisa bekerja dengan optimal.Mengenai cara mempertahankan homeostasis, secara umum seseorang perlu melakukan hidup sehat, seperti mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Pastikan juga untuk minum air putih yang cukup sekitar 1.5-2.5 liter per hari, ya. Upayakan juga berolahraga 3-4 kali seminggu, dan melakukan manajemen stres.Jika ada pertanyaan yang terkait dengan keluhan kesehatan lainnya, konsultasikan kembali kepada dokter ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tren kesehatantips kesehatanmenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil