11 Oct 2021, 20:52Kandungan

Apa dampak buruk dari hubungan intim usia dini?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, anak saya sudah memasuki usia remaja dan sedang masa purbertas saya takut dia akan melakukan pergaulan bebas salah satunya hubungan intim usia dini. Dok, apa dampak buruk dari hubungan intim suai dini? Apa yang harus saya kasih tau ke anak untuk tidak melakukan itu? Kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan intim?
130 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Usia remaja adalah usia dimana anak mulai mencari jati diri, dan sudah mulai memiliki hubungan lebih dalam dengan lawan jenis.  Ketika remaja tidak diberikan pemahaman terkait seksual maka akan berisiko pergaulan bebas yang memicu adanya hubungan intim usia dini.  

Dampak buruk dari hubungan intim usia dini :

  • Kehamilan tak terencana dan pada usia dini. 
  • Penularan penyakit akibat kontak seksual contohnya kencing nanah, raja singa, herpes kelamin, kutil kelamin, hingga HIV/AIDS. 
  • Mempengaruhi mental bisa menjadi cemas berlebih karena ketakutan akan hamil atau menjadi kecanduan akan seks bebas. 
Dampak yang besar memang menjadi suatu tantangan orang tua untuk memberikan pemahaman terkait seksual pada remaja tentang bahayanya hubungan intim di usia dini.  Untuk itu edukasi terkait seks di usia dini perlu dilakukan guna mencegah anak terjerumus pada pergaulan yang bebas

Cara menghindari hubungan intim usia dini :

  • Beri pemahaman pada anak terkait batas-batas yang diperbolehkan dengan lawan jenis baik dalam lingkup berteman atau berpacaran.  
  • Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami terkait efek hubungan intim di usia dini, termasuk risiko kehamilan.  
  • Perlu diberikan penjelasan juga terkait alat vital wanita dan pria dan cara menjaga alat vital dari tindakan pelecehan di sekolah ataupun tempat bermain. 
  • Tetap izinkan anak untuk bersosialisasi hanya tetap awasi pergaulan anak.
  • Luangkan waktu untuk berdiskusi atau mendengarkan apa yang anak ingin ketahui terkait hubungan dengan lawan jenis atau apa saja yang sudah dilakukan.  Dengan ini anak merasa orang tua terbuka dan tidak akan menyembunyikan sesuatu dari orang tua. 
Jika orang tua sulit dalam memberikan pemahaman terkait seksual, tidak ada salahnya konsultasi dengan psikolog anak.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
kehamilanhubungan seks beresikoanak praremaja
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil