Apa dampak angkat beban berat dan nyeri BAK?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Hai dokter, saya bekerja di tempat laundry, sering angkat-angkat cucian baju dok dan lumayan berat. Akhir-akhir ini saya memiliki masalah terkait BAK (Buang Air Kecil) dok. BAK saya jadi lebih banyak dan terasa nyeri di perut bawah sehabis BAK. Gejala apa ya dok, apakah ada hubungannya nyeri BAK dengan kerjaan harian saya yang terbiasa mengangkat beban?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Sakit saat Buang Air Kecil (BAK) adalah salah satu keluhan yang sering muncul bila ada masalah pada saluran kemih mulai dari ginjal sampai uretra. Keluhan nyeri ketika BAK ini bisa menyerang siapa saja dan tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Beberapa penyebab yang dapat menimbulkan nyeri ketika BAK adalah :

  1. Infeksi saluran kemih yang sering ditandai dengan keluhan nyeri ketika BAK, kencing terasa seperti tidak tuntas ingin kencing terus, keluar urin yang bercampur dengan darah, nyeri perut bagian bawah hingga nyeri pinggang.
  2. Kurang minum air putih.
  3. Batu ginjal. Adanya batu pada saluran kemih dapat menimbulkan nyeri karena ukuran batu bisa berbeda-beda dan dapat menyangkut di saluran kemih. Karena iritasi ini maka urin juga akan bercampur dengan darah atau muncul keluhan berupa kencing yang disertai dengan pasir, karena batu dengan ukuran kecil dapat keluar dengan sendirinya.
  4. Infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore, trikomoniasis sering menimbulkan rasa nyeri ketika kencing atau ketika berhubungan seksual, adanya keputihan yang berbau busuk, gatal, panas, atau warnanya kuning kehijauan.
  5. Pemakaian sabun pembersih kelamin.

Perihal kaitan antara nyeri ketika BAK dengan pekerjaan Anda yang sering mengangkat beban berat, sepertinya kurang berhubungan, namun kebiasaan mengangkat beban berat dengan cara yang salah bisa menimbulkan nyeri pinggang, atau munculnya hernia atau prolaps uteri (rahim turun) dimana bisa menimbulkan nyeri di sekitar perut bagian bawah.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk menangani keluhan nyeri ketika BAK adalah :

  1. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter setiap harinya. Kebutuhan ini perlu ditambah bila Anda sering berkeringat atau bekerja di ruangan ber AC.
  2. Jangan menahan kencing, usahakan langsung kencing ketika terasa ingin BAK.
  3. Basuh area kelamin dengan arah depan ke belakang dan pastikan untuk selalu mengeringkannya.
  4. Hindari pemakaian celana yang terlalu ketat atau bahan yang tidak menyerap keringat.
  5. Angkat barang yang berat dengan cara jongkok dulu, hindari mengangkat beban berat dengan kondisi membungkuk.
  6. Minum paracetamol bila keluhan nyeri dirasakan sangat mengganggu.

Bila keluhan tidak segera membaik, muncul urin yang bercampur dengan darah, nyeri pinggang, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya dengan mengonsumsi tempe.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung tidak semata-mata menggunakan obat. Sejumlah cara alami, termasuk dengan menggunakan kompres air hangat dan menghindari makanan asin, bisa meredakan kondisi perut kembung.