Apa ciri kista ovarium?

OF Info Penanya: OF, Pria
Mengai penyakit KistaSelamat malam dok, saya mau bertanya mengenai penyakit Kista, kecuali ciri-cirinya hampir sama seperti sakit saat menstruasi.. Apa lagi pertanda khususnya jika seseorang terkena kista dok, Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi OF,

Pada wanita seringkali didapatkan kista pada ovarium dimana hal ini akan menyebabkan seorang wanita menjadi lebih susah hamil dibanding wanita normal lainnya.

Berikut ini ciri-ciri bila seorang wanita memiliki kista ovarium :
  1. Nyeri di perut bagian bawah.
  2. Nyeri ketika melakukan hubungan intim.
  3. Konstipasi atau sulit BAB.
  4. Perut kembung dan terasa besar.
  5. Hanya mampu makan sedikit karena sudah kenyang.
  6. Nyeri pada daerah pinggang.

Selain kista ovarium ada banyak penyakit organ wanita lainnya yang menyebabkan nyeri perut bagian bawah seperti adenomiosis, radang panggul, endometriosis. Maka sebaiknya Anda membawa pasangan Anda ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu pasangan Anda perlu melakukan olahraga secara teratur dan meningkatkan asupan sayur dan buah, serta melakukan kompres air hangat ketika perut sedang nyeri untuk membantu meredakan nyeri.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain kram karena menstruasi, endometriosis bisa sebabkan sakit perut bagian bawah

5 Kondisi Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita

Rasa sakit perut bagian bawah pada wanita dapat disebabkan kondisi yang biasa, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat disebabkan oleh kondisi yang serius seperti radang panggul, kista ovarium, dan kehamilan di luar rahim.