05 Mar 2021, 21:37Kulit & Kelamin

Apa ciri ciri krim bermerkuri yang harus dihindari?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, saya menggunakan krim dokter. Tapi ketika saya tidak menggunakannya lagi, wajah saya kembali kusam dan berjerawat. Apakah ini termasuk ciri ciri krim bermerkuri?
2451 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selaamt malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Saat ini sebagian besar wanita menginginkan wajah yang bersih, putih, mulus dan bersinar.  Segala cara ditempuh agar kulit putih bersinar.  Hal ini lah mendorong produsen krim wajah abal-abal memproduksi perawatan wajah yang mengandung bahan berbahaya dengan klaim dapat memutihkan dan mencerahkan wajah dengan instan.  Salah satu dari bahan tersebut adalah merkuri.  Padahal BPOM sudah melarang kandungan merkuri berada dalam produk perawatan wajahMerkuri merupakan jenis logam berat yang penggunaannya sering disalahgunakan.  Merkuri memiliki risiko untuk memicu gangguan ginjal, kerusakan saraf dan mempengaruhi perkembangan otak. 

Ciri-ciri krim yang mengandung merkuri :

  • Krim akan lebih berbau kimia yang menyengat.
  • Konsistensi dan warna seperti putih keabua-abuan mengkilat.
  • Pemakai krim akan merasakan hasil dalam waktu sangat singkat namun putihnya tidak alami.
  • Kulit akan menjadi lebih sensitif dan mudah perih terutama ketika terkena sinar matahari.
Biasanya krim yang mengandung merkuri ini tidak memiliki label, tidak ada izin BPOM dan tampilan label kandungan yang tidak jelas.  Selain itu, krim ini akan terlihat ketika dioleskan pada perak, emas, aluminium.Terkait yang anda tanyakan, bila krim didapatkan dari dokter spesialis kulit atau kecantikan yang sudah terpercaya tentu tidak akan memberikan merkuri sebagai bahan perawatannya.  Anda dapat hentikan penggunaan krim lalu konsultasi kembali dengan dokter spesialis kulit anda.    Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kulit dan kecantikanbahaya merkuriperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil