Apa ciri-ciri awal corona dan langkah untuk mencegah tertular coronavirus?

RA Info Penanya: RA
dok, saya khawatir dengan penyebaran coronavirus atau si covid-19 di Jakarta. Sebenarnya bagaimana ya caranya supaya saya tetap aman? Apakah saya harus terus cuci tangan? Apakah saya harus beli masker? Tapi mengingat sudah langkanya beberapa produk tersebut, saya jadi semakin khawatir, dok. Tolong bantuannya ya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Corona virus atau nama lainnya novel corona virus (2019-nCOV) atau COVID-19 adalah virus yang menimbulkan gangguan pernapasan seperti pilek, batuk, demam, nyeri tenggorokan, sesak napas sampai gangguan pernapasan berat apabila ada faktor pemberat lain.

Virus corona berawal dari binatang tertentu yang menular ke manusia dan memiliki kemampuan untuk bisa menular antar manusia melalui cairan tubuh yang terinfeksi seperti dari percikan ludah, bersin atau batuk, juga bisa meningkat risikonya melalui jabat tangan, melalui benda yang terkontaminasi lalu menyentuh area yang menjadi pintu masuk virus ke saluran pernapasan seperti mata, hidung, dan mulut. 

Situasi terkini di Indonesia sendiri memang tengah terjadi peningkatan kasus infeksi corona virus dimana yang terbaru sudah ada 19 kasus positif tetapi sudah berada dalam penanganan di rumah sakit khusus yang ditunjuk pemerintah. Menyikapi hal ini kita perlu waspada dan tetap tenang, karena meskipun virus COVID-19 ini memiliki kemampuan penularan yang tinggi tetapi angka kematian yang disebabkan oleh virus ini adalah 3,4% dimana jika dibandingkan virus serupa seperti SARS dan MERS angka kematian karena virus corona jauh lebih rendah.

Tidak perlu panik untuk mencari masker atau ketakutan karena sulitnya mendapatkan hand sanitizer yang langka dipasaran. Ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan pengetahuan mengenai virus corona, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, mencuci tangan lebih sering dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah beraktivitas, hindari sering menyentuh bagian wajah terutama jika belum mencuci tangan. Penggunaan masker sendiri oleh WHO tidak disarankan untuk orang yang sehat, dimana penggunaan masker perlu digunakan oleh petugas kesehatan, orang yang sedang sakit pernapasan terutama batuk dan bersin, kontak atau merawat orang yang mengalami gangguan pernapasan atau terduga terinfeksi virus corona.

Langkah lain juga bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang sudah diolah sampai matang, mengonsumsi suplemen vitamin, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan istirahat, minum air putih minimal 2 liter perhari, dan jika mengalami batuk atau gejala pernapasan lain untuk bisa memeriksakan diri dan menerapkan etika batuk dan bersin yang baik. Laporkan diri pada petugas kesehatan atau pada tempat bekerja apabila akan melakukan perjalanan atau baru pulang dari perjalanan ke daerah yang terdampak sehingga bisa dilakukan pengawasan sesuai prosedur yang berlaku. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pangeran Charles positif terinfeksi corona dan saat ini diisolasi secara mandiri di rumah

Pangeran Charles Positif Corona, Kerajaan: Kondisi Baik dan Sedang Isolasi Mandiri

Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris dinyatakan positif corona. Saat ini, ia disebut dalam kondisi baik dan tidak menjalani perawatan di rumah sakit. Selama masa penyembuhan, Pangeran Charles akan menjalani isolasi mandiri di rumahnya.