Apa cegukan itu serta untuk mengobati cegukan?

SA Info Penanya: SA, Pria
apa cegukan itu serta untuk mengobati cegukan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA.

Cegukan adalah keadaan dimana terjadi kontraksi pada diafragma (otot yang memisahkan perut dan dada) dengan sendirinya. cegukan bisa terjadi beberapa detik atau menit hingga berkepanjangan (lebih dari 48 jam).

Cegukan yang berlangsung sementara disebabkan oleh makan makanan pedas, minuman berkarbonasi atau beralkohol, mengunyah permen, merokok,merasa gugup atau terlalu bersemangat, atau stres.

Sedangkan cegukan yang berkepanjangan atau lebih dari 48 jam disebabkan oleh: gangguan perncernaan (maag, tukak lambung, pankraetitis, radang hati atau usus dan sebagainya), gangguan saraf, gangguan otak (stroke, radang otak, tumor otak, dan sebagainya), gangguan jantung, dan gangguan mental.

Cara untuk mengatasi cegukan yang Anda lakukan seperti berikut:

  1. Mengkonsumsi air hangat hingga habis, tanpa henti
  2. Menahan napas
  3. Mengambil napas panjang dan perlahan mengeluarkan napas 
  4. Mengisap es batu
  5. mengkonsumsi satu sendok madu atau selali kacang

Jika gejala tidak berkurang, silakan periksakan diri Anda ke dokter untuk menentukan penyebab dan mendapatkan terapi yangs sesuai.

Salam sehat,

dr. Jolinda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Arti cegukan yang tidak kunjung berhenti, bisa jadi merupakan tanda penyakit berbahaya

Fakta Ilmiah Seputar Arti Cegukan yang Perlu Anda Ketahui

Secara medis, cegukan adalah kontraksi spontan yang terjadi pada difragma. Yang dimaksud dengan diafragma adalah otot pemisah rongga dada dan rongga perut, yang berperan penting dalam proses pernapasan. Namun, bisa mengarah pada tanda suatu penyakit yang serius.