Apa buah yang aman untuk penderita asam lambung?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
buah apa aja yang cocok buat penyakit asam lambung? dan saya harus bagaimana biar asam lambung tidak sering kambuh dok? trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Gangguan lambung atau dalam dunia medis disebut dengan gastritis adalah penyakit pada lambung yang terjadi akibat produksi asam lambung berlebihan dan menyebabkan iritasi pada lambung hingga bisa terjadi perlukaan pada lambung yang ditandai dengan BAB dengan kotoran berwarna hitam seperti petis dan berbau amis.

Untuk menjaga kesehatan lambung maka Anda dapat memperhatikan tips-tips berikut ini :

  1. Hindari makanan pedas, asam, santan, kanji, ketan, serta kopi, soda, alkohol agar tidak merangsang produksi asam lambung berlebihan.
  2. Makan secara teratur, sebisa mungkin makan dengan porsi kecil namun sering.
  3. Jangan stres. Karena semakin stres akan semakin merangsang produksi asam lambung lebih banyak, sehingga pada orang-orang yang sedang stres terkadang sering merasa mudah lapar.
  4. Hindari makan menjelang tidur, boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur.
  5. Perihal buah-buahan yang boleh dikonsumsi untuk penderita sakit lambung adalah alpukat, melon, pisang, apel. Sedangkan buah yang sebaiknya dihindari adalah durian, jeruk, lemon, nanas, tomat.

Lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam bila pola hidup sudah diperbaiki namun lambung masih sering sakit, mungkin Anda butuh pemeriksaan lanjutan seperti endoscopy untuk memastikan kondisi lambung Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat timun yakni untuk menjaga jantung, tulang, dan usus

Aneka Manfaat Timun yang Memberikan Kesegaran Hidup

Timun seringkali hanya menjadi pemanis makanan. Padahal, ada banyak manfaat timun untuk kesehatan, dari sehatkan usus hingga cegah kanker.