Apa boleh pengobatan tbc paru pergi ke gunung?

N Info Penanya: N
Apakah tidak apa-apa jika orang yang punya penyakit kp pergi ke gunung ? Bagaimana cara menghilangkan sesak nafas yang diakibatkan kp ? Apakah wajar jika terjadi penurunan fisik ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

KP atau koch pulmonum adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang saluran pernapasan dan dapat menular sehingga perlu dilakukan penanganan menggunakan obat antibiotik kombinasi selama minimal 6 bulan untuk mengatasinya.

Gejala dari tuberkulosis sendiri seperti:
  • Batuk lebih dari 3 minggu bisa disertai batuk berdarah
  • Penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • Demam tanpa penyebab yang pasti
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Keringat di malam hari
  • Adanya sesak dan nyeri dada

Pada orang dengan infeksi tuberkulosis sendiri akan menimbulkan penurunan fisik baik karena keluhan pada saluran napas dan juga karena penurunan berat badan dan nafsu makan yang timbul. Tidak jarang efek samping dari pengobatan juga bisa menimbulkan penderitanya mual dan muntah. 

Naik gunung merupakan kegiatan yang memerlukan fisik yang prima tidak hanya karena medan yang terjal tetapi juga karena perubahan kondisi lingkungan dimana pada lokasi yang lebih tinggi terjadi perubahan tekanan udara yang membuat oksigen lebih tipis sehingga perlu upaya ekstra untuk bisa mengompensasi kebutuhan oksigen salah satunya dengan bernapas lebih cepat.

Jika sedang dalam pengobatan KP yang masih aktif tentunya perlu dihindari karena bisa memicu sesak lebih berat yang bisa mengancam. Setelah sembuh pun perlu diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah memungkinkan untuk pergi ke gunung terutama yang medannya terjal dan ketinggiannya berpengaruh pada fisiologis tubuh. Untuk itu bisa memeriksakan kondisi pada dokter spesialis paru untuk lebih lanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

F
24 Oct 2019, 20:54
Bagaimana jika orang yang punya penyakit kp terlanjur pergi ke gunung ? Apakah ada hal yang dapat mencegah terjadinya sesak nafas ? Bagaimana cara agar kp cepat hilang? Hal apa saja yang dilarang untuk orang yg punya kp ? Intinya saya benci sakit dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pneumonia pada anak perlu dikenali gejalanya sejak dini, sebelum bertambah parah

Kenali Gejala Pneumonia pada Anak dan Cara Mencegahnya Berikut Ini

Pneumonia pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang serupa dengan penyakit lain sehingga tidak dikenali.