Apa boleh minum obat secara bersamaan?

NK Info Penanya: NK, Wanita, 30 Tahun
Malam dok, saya mau bertanya apa boleh minum obat rhinos sr diminum bersamaan dgn obat salbutamol
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NK,

Kedua obat yang disebutkan adalah obat resep dimana penggunaannya diberikan sesuai dengan pemeriksaan dan resep yang diberikan oleh dokter. Salbutamol sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi sesak napas dimana merupakan agonis beta kerja singkat yang bekerja dengan melemaskan otot di saluran napas dan membantu membuka saluran pernapasan saat sesak napas. 

Sedangkan obat lainnya adalah obat yang berisi antihistamin yaitu loratadine dan pseudoefedrine dimana obat ini bekerja dengan durasi yang panjang untuk mengatasi bersin, hidung tersumbat, reaksi alergi pada pernapasan, rhinitis dan lainnya.

Karena keduanya merupakan obat resep jadi jangan dikonsumsi jika tidak diberikan oleh dokter. Selain itu apabila memiliki gangguan jantung, tekanan darah tinggi, gangguan hati, gangguan ginjal maka perlu diwaspadai.

Jika diberikan dokter bisa dikonsumsi sesuai anjuran, untuk waktunya perlu diperhatikan karena salbutamol yang bekerja singkat bisa diberikan 2-3 kali sehari sedangkan untuk obat lainnya bisa hanya 1-2 kali sehari sesuai anjuran dokter dan perhatikan karena bisa memicu kantuk. Jika keluhan mengganggu dan sering kali timbul, segera periksakan diri pada dokter agar diberikan penanganan dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain obat syaraf kejepit, ada prosedur lain yang bisa dilakukan seperti operasi.

Obat Saraf Terjepit Ini Bisa Redakan Rasa Nyeri yang Mengganggu

Syaraf kejepit mengundang rasa sakit yang tak tertahankan. Jika tidak cepat ditangani dengan obat syaraf terjepit, rasa nyeri bisa terus muncul sehingga mengganggu hidup Anda. Kenalilah beragam obat syaraf kejepit supaya bebas dari nyeri.