22 Mar 2021, 23:25Kandungan

Apakah pijat perut saat hamil boleh dilakukan ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Doker, apakah boleh melakukan pijat perut ibu hamil? Apa dampak buruk dari pijatan ini jika dilakukan secara sembarangan?
216 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Sl.Saat wanita hamil terlebih hamil anak pertama yang belum ada pengalaman akan hamil dan melahirkan sebelumnya membuat wanita takut akan kesehatan diri dan janinnya. Berbagai saran dari orangtua, mertua bahkan keluarga tentang apa saja yang harus dilakukan saat hamil. Namun semua saran tersebut belum tentu aman untuk dilakukan sehingga ibu hamil harus berhati-hati setiap melakukan tindakan yang menyangkut kehamilannya termasuk pijat hamil.

Apakah pijat perut saat hamil boleh dilakukan ?

Semakin bertambah usia kehamilan maka bertambah berat pula beban rahim yang harus ditanggung ibu hamil dimana hal ini mencetuskan nyeri pada punggung, leher, pingggul, dan kaki. Selain itu tidur menjadi tidak nyaman. Pijat membantu ibu hamil merillekskan otot-otot yang tegang, memperbaiki aliran darah sehingga ibu merasa lebih baik. Namun pijat saat hamil tidak boleh dilakukan pada bagian perut karena efek berbahaya sebagai berikut :
  • Memicu keguguran saat hamil muda.
  • Merangsang kontraksi saat hamil tua.
  • Mencetuskan lepas plasenta sebelum waktu persalinan.
  • Memicu ketuban pecah dini.
Sehingga ibu harus mempertimbangkan baik dan buruknya pijatan ke perut. Selalu pantau perkembangan janin di dokter spesialis kandungan dan jalani pola hidup sehat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilolahraga ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil