Apa bisa hamil jika ejakulasi diluar vagina?

L Info Penanya: L, Wanita, 25 Tahun
Dok maaf saya mau bertanya saya melakukan masturbasi dengan pasangan saya(sudah menikah) lalu sperma keluar tetapi istri saya memakai celana lengkap dan sperma tidak menyentuh vaginaa,tangan pasangan saya pun setlah keluar dibasuh dengan sabun,apakah bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

 

Kehamilan akan terjadi apabila didahului dengan pertemuan sperma dan sel telur. Kemudian setelah itu terjadi pembuahan dan terbentuklah bakal janin. Yang selanjutnya bakal janin ini akan menempel pada dinding rahim dan berkembang hingga proses kelahiran tiba.

Jika berhubungan seksual namun Anda melakukan ejakulasi diluar vagina atau dipastikan tidak ada sperma yang mengalir masuk ke dalam vagina dapat dipastikan tidak akan menyebabkan kehamilan. Namun jika ejakulasi dilakukan dekat dengan vagina dan masih ada kesempatan untuk sperma mengalir ke dalam liang vagina maka walaupun kemungkinannya kecil tetap akan menyebabkan kehamilan.

Apabila Anda belum menginginkan terjadinya kehamilan Anda sebaiknya memilih metode kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan ya. Konsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu ya.

Untuk menjaga kesehatan organ intim Anda dan pasangan sebaiknya lakukan hal dibawah ini:

  1. Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari.
  2. Makan yang bergizi.
  3. Hindari kondisi stres.
  4. Tidur yang cukup minimal 7-8 jam.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal terjadi selama tidak terjadi infeksi

Keputihan Saat Hamil, Amankah?

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan saat hamil berwarna kuning atau hijau, berbau menyengat, disertai dengan kemerahan dan gatal pada vagina bisa menjadi tanda dari keputihan yang abnormal dan tidak wajar.