Sperma di celana, apa bisa membuat hamil?

RP Info Penanya: RP, Pria, 21 Tahun
Selamat sore dok, saya mau bertanya, ketika saya dan pasangan saya bergesekan dalam keadaan berpakaian tanpa ada yg di lepas lalu mengeluarkan sperma dan menempel di celana pasangan saya, dan dalam keadaan ac menyala apa kah bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RP.

Kemungkinan hamil akan selalu ada apabila melakukan aktivitas seksual yang disertai ejakulasi (keluarnya sperma), namun besar atau kecilnya kemungkinan tersebut bergantung pada hal spesifik apa yang dilakukan. Oleh karena itu, hendaknya aktivitas seksual seperti mencumbu, menggesek-gesek kelamin, maupun hubungan intim hanya dilakukan oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Dengan demikian, tidak ada ketakutan apakah akan terjadi kehamilan atau tidak.

Mengenai kondisi yang Anda lakukan, menggesek-gesekkan kelamin dalam keadaan berpakaian, dimana sperma menempel di celana pasangan, memiliki kemungkinan kehamilan yang sangat kecil. Kehamilan hanya bisa terjadi apabila ada sperma yang masih hidup ketika menempel di celana, dan berenang ke dalam liang vagina.

Tetapi, apabila nantinya pasangan Anda mengalami keterlambatan haid, tidak ada salahnya untuk mengonfirmasi dengan menggunakan testpack. Anda dapat mendeteksi adanya kehamilan atau tidak satu minggu setelah keterlambatan haid, dengan mencelupkan alat tersebut ke dalam urine.

Apabila benar hamil dan sudah menikah, maka syukurilah kondisi tersebut dan jagalah kehamilan baik-baik. Tetapi, apabila belum menikah, segera laporkan kepada orangtua Anda dan pasangan. 

Apabila ternyata tidak hamil, hindari melakukan aktivitas seksual selama Anda masih tidak siap dengan adanya kehamilan. Untuk informasi lebih lanjut, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.