24 May 2020, 13:14Kandungan

Apa bisa hamil?

R
Info Penanya: R, Pria, 25 Tahun
Dok selamat siang,,Dok mau bertanya apa bila berhubungan lalu terjadi menstruasi apa bisa hamill???
12982 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang R,Bila setelah berhubungan seksual terjadi menstruasi maka tentu tidak hamil. Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah darah yang keluar tersebut benar-benar darah haid atau tanda kehamilan atau ancaman keguguran?

Berikut ini cara membedakannya:

  • Darah menstruasi akan keluar seperti biasanya dan berlangsung selama 2-7 hari.
  • Darah saat implantasi (proses penempelan janin ke rahim) akan muncul saat hari ke-6 sampai ke-12 setelah berhubungan seksual. Darah yang keluar akan berwarna merah mudah atau kecokelatan dan hanya seperti bercak-bercak darah saja, tanpa ada rasa kram perut selama 2-3 hari saja. Darah yang keluar juga tanpa disertai dengan gumpalan samasekali.
  • Darah tanda ancaman keguguran bila darah yang keluar sangat banyak dan disertai dengan perut kram atau mulas yang sangat sakit.
Bila Anda kurang yakin, Anda bisa melakukan tes pack untuk memastikannya. Atau bila Anda dan pasangan belum siap memiliki momongan maka Anda bisa menggunakan KB untuk mengurangi risiko terjadinya kehamilan. Anda bisa memilih metode KB sesuai dengan kondisi Anda apakah menggunakan pil KB, suntik KB, implan, atau pemasangan IUD.Salam sehat,dr. Vina
kehamilankegugurantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil