Apa bisa hamil?

R Info Penanya: R, Pria
Selamat siang dok,,, istri saya jadwal haid tanggal18 april tetapi blom haid dan di tanggal itu kita berhubungan intim tetapi akan menunda kehamilan sehingga saya memasukan depan penis saja sbentar,, lalu tanggal 26 april istri saya haid selama 8 hari ,,,apakah mungkin terjadi kehamilan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Siklus haid seringkali mengalami perubahan baik menjadi lebih cepat atau terlambat haid dan adanya terlambat haid seringkali dikaitkan dengan kehamilan.

Penyebab terlambat haid.

Perlu dipahami bahwa terlambat haid bisa disebabkan oleh faktor yang lain seperti:

  • Stres.
  • Kelelahan.
  • Berat badan kurang ideal, baik kelebihan atau terlalu kurus.
  • PCOS.
  • Kurangnya vitamin dalam asupan makanan sehari-hari.

Adanya kecemasan takut hamil malah akan semakin mengganggu keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh dan akan semakin mundur siklusnya.

Bila tanggal 26 April 2020 istri Anda sudah haid selama 8 hari, maka tentu saja tidak mungkin hamil, karena orang hamil tidak mungkin hamil kecuali terjadi perdarahan akibat keguguran yang sering disertai dengan gumpalan darah dan perut terasa kram.

Bila Anda dan pasangan belum siap memiliki momongan, maka sebaiknya gunakan kontrasepsi untuk memperkecil kemungkinan hamil. Selain itu Anda perlu menghindari berhubungan seksual di masa subur istri Anda.

Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan mengenai alat kontrasepsi yang cocok dengan istri Anda apakah pil KB, suntik KB, implan, atau IUD. Karena masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemoterapi sebagai pengobatan kanker dapat berefek pada masa subur pria

Usia dan Kanker Prostat: Pengaruh Terhadap Masa Subur Pria

Masa subur pria memiliki hubungan dengan usia dan kanker prostat. Seiring bertambahnya usia, kesuburan pria semakin menurun. Sementara itu, infertilitas pada pria dapat memicu terjadinya kanker prostat.