Apa benar virus malaria menular lewat hubungan seks ?

LT Info Penanya: LT, Wanita, 38 Tahun
halo dok,apa benar virus malaria menular lewat hubungan seks? soalnya saya baru baca artikel di yahoo yg membahas itu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LT,

Malaria merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan bila tidak ditangani dengan segera dan tepat. Malaria merupakan penyakit yang muncul akibat adanya parasit plasmodium di dalam darah yang akan menimbulkan gejala berupa demam tinggi hingga menggigil, sakit kepala, mual, muntah, diare, hingga badan terasa linu-linu dan nyeri semua, serta ada riwayat tinggal di daerah endemik malaria atau setelah berlibur/ melakukan kunjungan ke daerah endemik malaria.

Perpindahan darah yang mengandung parasit plasmodium ini bisa ditularkan dengan cara :

  1. Gigitan nyamuk Anopheles.
  2. Penggunaan jarum suntik secara bergantian dari penderita malaria.
  3. Ditularkan dari ibu ke bayinya ketika ibu hamil mengalami infeksi malaria.
  4. Transfusi darah dimana menggunakan darah dari penderita malaria.

Karena parasit plasmodium ini tinggal di dalam darah, maka tidak bisa menular melalui air mani atau cairan vagina ketika berhubungan seksual, kecuali ada luka ketika melakukan hubungan seksual tersebut.

Untuk menghindari malaria, sebaiknya Anda menggunakan kelambu, atau baju dengan lengan panjang dan celana panjang, serta menyemprot kamar sebelum Anda tidur bila Anda tinggal di daerah endemik malaria. Atau bila Anda ingin melakukan kunjungan ke daerah endemik, maka Anda bisa meminum obat malaria sebelum keberangkatan Anda, dan sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemilihan obat yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda boleh mengoleskan lotion anti nyamuk untuk bayi jika ia sudah berusia di atas 2 bulan

Kapan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Boleh Diberikan?

Salah satu cara agar bayi Anda tidak digigit nyamuk adalah dengan mengoleskan antinyamuk. Lotion anti nyamuk untuk bayi sah-sah saja digunakan bayi berusia di atas 2 bulan.