Apa benar tidak boleh mengonsumsi vitamin E dan vitamin K secara bersamaan?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 22 Tahun
Suplemen/makanan yg mengandung vit E & KSaya telah melakukan tes dna, dari hasil tes menunjukan bahwa saya memiliki penyerapan vitamin E dan K yg buruk. Namun saya mencari informasi dan menemukan bahwa suplemen vit E tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan vit K. Apakah info tersebut benar? Dan apakah yg bisa saya konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vit E & K saya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TS, 

Defisiensi vitamin K adalah salah satu kondisi yang menjadi peringatan khusus untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin E. Kondisi ini disebabkan karena mengonsumsi vitamin E pada kondisi defisiensi vitamin K dapat memperberat masalah pembekuan darah pada penderita defisiensi vitamin K. Defisiensi vitamin K sendiri dapat menimbulkan gejala seperti mudah memar, feses yang tampak kehitaman atau bisa timbul bercak darah.

Mengonsumsi vitamin E dan vitamin K bersamaan yang sama-sama merupakan vitamin yang larut lemak juga bisa menimbulkan risiko keracunan vitamin. 

Untuk itu baiknya berkonsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis gizi untuk meningkatkan asupan vitamin E dan vitamin K dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, telur, kacang-kacangan ataupun juga asupan makanan lain yang bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita ankylosing spondylitis berisiko tinggi mengalami patah tulang sehingga membutuhkan vitamin D

Vitamin untuk Tulang dan Sendi Bagi Penderita Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah kondisi tulang belakang dan sendi yang rapuh dan rentan patah. Penderita ankylosing spondylitis membutuhkan vitamin D dan vitamin B12 untuk menjaga kepadatan tulang.