Apa benar kopi dapat membuat orang tidak tidur?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Apa benar kandungan kafein dalam kopi dapat membuat orang tidak tidur? Jika iya, kenapa saya yang meminum kopi pun juga masih tetap mengantuk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HS,

Mengulang pertanyaan sebelumnya perihal benarkah kopi bisa menghilangkan rasa mengantuk, maka tentunya semua itu tergantung dari seberapa banyak kopi yang Anda minum, selelah apa kondisi Anda saat itu, atau seberapa bosan Anda, atau mungkin ada penyakit-penyakit tertentu seperti narkolepsi, atau adanya tanda-tanda depresi yang membuat Anda selalu mengantuk dan ingin tidur.

Bila Anda sering mengantuk meskipun sudah cukup tidur, tidak ada kelelahan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke psikiater untuk mencari penyebab pasti apa penyebab gangguan tidur tersebut.

Namun bila Anda sering mengantuk akibat kelelahan, maka lebih baik bila tidur beberapa saat misalnya 30 menit sampai 1 jam dibanding dengan minum kopi yang nyatanya tidak berdampak pada Anda. Selain itu cari aktivitas lain seperti berjalan-jalan, membaca buku, atau berkomunikasi dengan orang lain untuk menghindari kebosanan yang Anda rasakan.

Salam sehat,

dr. Vina

L
20 Nov 2019, 11:35
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang terbiasa bangun pagi, cenderung lebih sehat secara fisik, maupun mental.

Rajin Bangun Pagi Dapat Mengurangi Resiko Depresi? Ini Penjelasannya!

Bagi Anda yang rajin bangun pagi, berbahagialah. Berdasarkan penelitian, manfaat bangun pagi bisa Anda dapatkan baik secara fisik maupun mental. Dengan bangun lebih awal, risiko Anda untuk terkena depresi dapat berkurang.