Apa benar hanya kecapekan saja?

AN* Info Penanya: AN*
halo dokter, saya ingin bertanya. sudah selama 1 minggu ini dada saya selalu terasa sakit dok, badan saya demam, wajah saya pucat dan bibir saya kering banget dok, pas di bawa ke klinik katanya kecapean aja dok, diminta istirahat aja dan gak dikasi obat apa-apa dok. itu emang bener kecapean atau gimana ya dok?mohon infonya dok, makasi banyak dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KS,

Demam merupakan salah satu tanda bila tubuh mengalami gangguan, baik hanya kelelahan saja bila demam tidak terlalu tinggi dan akan menghilang dalam 1-2 hari, atau adanya infeksi bila demam cukup tinggi dan berlangsung selama beberapa hari.

Wajah yang pucat, bibir sangat kering menandakan tubuh kekurangan cairan. Sedangkan dada yang terasa sakit sering disebabkan oleh gangguan lambung dimana asam lambung meningkat dan naik ke tenggorokan yang disebut dengan GERD, selain itu juga bisa disebabkan oleh infeksi paru-paru atau adanya kram otot dada akibat kurang berolahraga.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas dalam sehari. Perlu diperbanyak bila Anda sedang demam atau sering menghabiskan waktu di ruangan ber AC.
  2. Perbanyak konsumsi protein, sayur dan buah.
  3. Hindari makanan pedas, asam serta minuman berkafein.
  4. Cukup istirahat, dan hindari begadang.
  5. Minum paracetamol untuk meredakan demam.

Bila demam tidak kunjung membaik, disertai diare atau sembelit, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infkesi nosokomial adalah infeksi yang muncul akibat bakteri, kuman, maupun virus yang terdapat di rumah sakit

Mengenal Infeksi Nosokomial, Saat Rumah Sakit Jadi Sumber Penyakit

Infeksi nosokomial atau yang dapat juga disebut sebagai hospital-acquired infection adalah infeksi yang didapat di lingkungan rumah sakit akibat bakteri, virus, maupun jamur. Meski steril, rumah sakit rupanya masih bisa menjadi lokasi awal terjadinya penularan penyakit.