Apa benar ejakulasi luar tetap dapat sebabkan kehamilan?

DA Info Penanya: DA
Dok saya sedang hamil 2 bulan padahal sebelumnya ejakulasi dilakukan diluar. Saya juga sering ada pembahasan hormon HCG. itu apa sih dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Berhubungan intim adalah merupakan hal yang penting dalam kehidupan berumah tangga, salah satunya sebagai upaya untuk bisa terjadi kehamilan dan juga penting untuk kehidupan seksual.

Saat melakukan hubungan intim tidak jarang pasangan merasa apabila ejakulasi dilakukan di luar, tidak bisa terjadi kehamilan. Padahal saat terjadi penetrasi bisa ada cairan preejakulasi yang mengandung sperma yang bisa membuahi sel telur.

Untuk mengetahui hamil atau tidak, dapat dilakukan pemeriksaan awal dengan pemeriksaan testpack. Pemeriksaan testpack sendiri akan positif apabila terdeteksi hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin, yaitu hormon yang timbul saat terjadi kehamilan.

Untuk itu apabila saat ini hamil dan telah dilakukan testpack, perlu juga memastikan kehamilan dengan pemeriksaan USG pada dokter spesialis kandungan. Upayakan menjaga kesehatan kehamilan dengan cara:

  • Hindari aktivitas berat
  • Cukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama hamil
  • Konsumsi asam folat, zat besi dan DHA serta vitamin dan minreal lain untuk perkembangan janin terutama di trimester pertama
  • Lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala
  • Jaga pola hidup agar kehamilan lancar sampai persalinan nanti

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat ARV memiliki efek samping dalam jangka pendek dan panjang.

Beberapa Efek Samping ARV yang Mungkin Dirasakan Penderita HIV

ARV adalah obat bagi penderita HIV seumur hidup. Salah satu efek samping ARV di jangka pendek sebabkan diare, sedangkan jangka panjang akibatkan penyakit organ hati.