Apa bedanya stroke dan ALS (Lou Gehrig)?

ID Info Penanya: ID
Dok, apa sih bedanya stroke dan ALS (Lou Gehrig)?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ID,

ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis adalah penyakit yang menyerang persarafan dimana bisa menimbulkan kelumpuhan. Nama lain dari penyakit ini adalah Lou Gehrig disease. Penyebabnya sendiri tidak diketahui pasti tetapi berkaitan dengan faktor genetika. Selain itu gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan zat kimia di otak, gangguan sel dan paparan oksidan juga bisa menjadi pemicunya.

Gejala ALS sendiri mirip dengan stroke tetapi ALS dapat timbul secara bertahap berkembang dan memburuk dan tidak tiba-tiba, berbeda dengan stroke dimana stroke adalah juga gangguan yang menimbulkan penurunan kemampuan neurologis secara tiba-tiba tetapi penyebabnya adalah gangguan pada pembuluh darah otak baik karena penyumbatan ataupun karena perdarahan.

Gejala ALS sendiri mulai dari rasa kram, lemas atau sering tanpa sengaja menjatuhkan barang, dapat makin lemah, bicara menjadi tidak jelas, makin berat bisa menjadi sulit berjalan dan melakukan aktivitas harian, sulit mengontrol air liur sampai kesulitan mengendalikan buang air besar dan buang air kecil. Gejalanya bisa dimulai dari tangan, kaki dan kemudian menyebar.

Untuk itu jika timbul tanda demikian perlu segera memeriksakan diri pada dokter spesialis saraf untuk memastikan kondisi yang dialami dan mendapatkan penanganan segera. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terputusnya peredaran darah ke otak menyebabkan stroke ringan yang dapat berkembang menjadi stroke

Seusai Stroke Ringan: Cara Mengobati Stroke Ringan

Stroke ringan bisa disembuhkan! Cara mengobati stroke ringan meliputi pengobatan dan pergantian pola hidup. Apa yang harus dilakukan seusai stroke ringan?