30 Sep 2020, 13:00Jantung

Apa bedanya amlodipine 5 mg dan 10 mg?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, seorang pria berusia 63 tahun dan sudah 9 tahun menderita hipertensi. Sebelumnya saya minum amlodipin 5 mg sehari sekali, tapi belakangan ini obat saya diganti jadi amlodipin 10 mg. Sebenarnya apa bedanya amlodipine 5 mg dan amlodipine 10 mg?
6708 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Amlodipine adalah salah satu obat yang seringkali dipakai untuk mengatasi tekanan darah tinggi, dan memang benar tersedia dalam 2 dosis yakni 5 mg dan 10 mg. Obat ini cukup diminum sehari sekali karena memiliki masa kerja selama 24 jam. Namun karena obat tekanan darah ini tergolong obat golongan keras, maka penggunaannya harus dengan pengawasan dokter dan perlu resep dokter untuk menebusnya di apotik.Perbedaan antara amlodipine 5 mg dan 10 mg tentu berbeda jumlah kandungannya. Bila Anda sudah rutin minum amlodipine 5 mg namun tekanan darah Anda masih tinggi, maka dosis memang perlu dinaikkan agar tekanan darah Anda bisa terkontrol dengan baik atau mendekati nilai normal sesuai usia Anda. Namun penambahan dosis ini tentu harus berdasarkan pertimbangan dokter dan hasil tekanan darah Anda.

Ada 2 hal yang mungkin terjadi bila dosis amlodipine Anda dinaikkan:

  • Tekanan darah menjadi terlalu rendah. Hal ini biasanya terjadi bila sebelumnya tekanan darah Anda naik disebabkan oleh faktor stres, atau lupa minum obat dan hal ini tidak diketahui oleh dokter Anda. Sehingga dokter akan beranggapan bahwa Anda sudah minum obat namun tekanan darah masih tinggi sehingga dosis perlu ditambah.
  • Tekanan darah tetap tinggi. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi, karena biasanya obat-obatan akan memerlukan waktu sekitar 1-2 minggu untuk menstabilkan tekanan darah Anda. Sama halnya seperti obat diabetes yang memerlukan waktu untuk menstabilkan kadar gula darah yang berlebihan.

Yang perlu Anda perhatikan untuk menstabilkan tekanan darah Anda adalah:

  • Minum obat secara teratur dan usahakan di waktu yang sama.
  • Hindari makanan asin dan makanan yang sudah diawetkan, termasuk daging olahan seperti sosis dan makanan kaleng.
  • Batasi gorengan.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Olahraga secara rutin.
  • Tidak merokok dan tidak minum kopi.
Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala misal setiap bulan di puskesmas atau klinik terdekat atau setiap minggu bila Anda memiliki alat tensimeter sendiri di rumah.Salam sehat,dr. Vina 
hipertensitekanan darah tinggipusing
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil