Apa beda PCR dan swab test?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 29 Tahun
dok apa beda pcr corona dan swab test ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RD.

Coronavirus adalah sekelompok virus yang menyebabkan gejala pada saluran pernapasan. Pada bulan Desember 2019 kemarin, ditemukan satu jenis Coronavirus baru yang menyebabkan penyakit bernama COVID-19. Penyakit ini telah menyebar ke hampir seluruh negara dunia, dan ditetapkan WHO sebagai pandemi.

Gejala COVID-19 adalah demam, sesak napas, serta batuk kering. Pada beberapa orang, bisa disertai dengan nyeri tenggorokan serta bersin-bersin. Gejala bisa bervariasi tergantung kekebalan tubuh orang masing-masing. Semakin baik kekebalan tubuh seseorang, semakin ringan gejala yang dialami.

Untuk menegakkan diagnosis pasti COVID-19, perlu dilakukan metode yang disebut swab test. Caranya, dengan mengambil jaringan dari ujung hidung (orofaring). Nah, jaringan tersebut selanjutnya akan dianalisis dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Jadi, menjawab pertanyaan Anda, swab test adalah cara pengambilan sampelnya, sedangkan PCR adalah metodenya, ya.

Akhir kata, jangan lupa selalu lakukan langkah pencegahan agar tidak terinfeksi COVID-19. Gunakan masker jika keluar rumah, jaga jarak (physical distancing), rajin mencuci tangan, dan menghindari menyentuh bagian wajah. Selain itu, jaga kekebalan tubuh dengan makan bergizi, tidur cukup, rutin berolahraga dan menghindari stres. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buff masker banyak digunakan masyarakat Indonesia

Menggunakan Buff Masker untuk Tangkal Corona, Efektifkah?

Buff masker bisa digunakan untuk menangkal virus dan bakteri dengan cara pemakaian tertentu. Bagaimana cara pemakaian buff masker yang dianjurkan untuk menangkal virus dan bakteri?