Apa batas kadar gula normal untuk wanita?

LK Info Penanya: LK
aku rini dok 31 tahun, apakah pria dan wanita batas normal gula darahnya berbeda? trus misalkan iya, berapa yang normal untuk wanita seusia aku? mama dulu ada keturunan diabetes, apa bahayanya diabetes pada wanita dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Diabetes merupakan suatu penyakit dimana tubuh tidak bisa lagi menggunakan insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas sehingga mengakibatkan kenaikan kadar gula dalam darah. Diabetes sendiri bisa disebabkan dari berbagai faktor yaitu genetik (keturunan), obesitas, tekanan darah tinggi, kerusakan sel di pankreas, dan gaya hidup yang tidak sehat (merokok, konsumsi alkohol, gangguan tidur, kurang aktivitas).

Kadar gula darah baik di wanita ataupun pria tidak berbeda nilainya. Rata-rata memiliki kadar gula darah yang sama. Kriteria kadar gula darah dikatakan normal jika:

  • Kadar gula darah sebelum makan: 70-130 mg/dl
  • Dua jam setelah makan: < 140 mg/dl
  • Gula darah setelah puasa: < 100 mg/dl
  • Saat tidur: 100-140 mg/dl

Efek diabetes pada wanita sebetulnya sama saja dengan efek diabetes pada pria. Efeknya berupa gangguan pada ginjal, pada mata, pada saraf, kulit, dan juga pada jantung. Untuk itu, sebaiknya Anda mencegah diabetes sejak dini dengan cara memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, olahraga yang rutin, konsumsi vitamin D, hindari merokok dan minum alkohol. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan gula darah ke dokter penyakit dalam agar dapat terpantau dengan baik. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AP
26 Mar 2020, 08:36
Sy seorang laki berusia 53 th sy punya penyakit bisul tanpa ada mata nya setelah periksa ke dr sy di kasih obat setelah bbrp hari tiba tiba keluar nanah dari pori pori bisul tsb dan setelah 3 hari tiba tiba ada luka menganga di area bisul tsb pertanyaan nya apa yg hrs sy lajukan sedangkan kenavair sdkit saja perih nya minta ampun obat pengering luka apa yg hrs sy pakai
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Mar 2020, 15:40
Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali kepada dokter bersangkutan ya, AP. Hindari memencet atau memegang bisul, karena bisa memicu infeksi tambahan. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek radiasi nuklir sangat berbahaya untuk tubuh karena dapat menghancurkan ke tingkat DNA

Mengapa Efek Radiasi Nuklir Berbahaya Bagi Tubuh?

Efek radiasi nuklir dikenal dapat meningkatkan peluang seseorang menderita kanker. Namun, tahukah Anda kalau terpapar radiasi nuklir juga dapat memicu gangguan organ dalam, seperti masalah pada sistem saraf dan kardiovaskuler. Terpapar radiasi nuklir dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan radiation sickness yang memicu berbagai gangguan fisik dan bahkan kematian.