Apa bahaya pengawet methylparaben pada kosmetik?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok! Banyak kosmetik yang disertai dengan kandungan methylparaben. Apa ini aman dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Paraben adalah senyawa kimia yang biasanya digunakan sebagai bahan pengawet, agar suatu produk bisa bertahan lebih lama. Paraben juga mencegah bakteri dan jamur tumbuh pada produk tersebut.

Methylparaben adalah turunan dari senyawa paraben yang biasanya terkandung pada lebih dari 85% kosmetik. Methylparaben sering ditemukan pada eyeliner, eye shadow, maskara, foundation, bedak, concealer, blush on, lipstik, ataupun pada pembersih make up. Selain itu, bentuk turunan paraben yang lain juga terkandung dalam produk tubuh, seperti sabun, sampo, atau deodoran.

Sebuah studi mengatakan bahwa methylparaben adalah sebuah xenoestrogen, yaitu senyawa yang menyerupai estrogen (hormon alami yang dihasilkan tubuh wanita). Karena menyerupai tersebut, methylparaben dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan gangguan reproduksi lainnya. Tetapi dalam jumlah yang normal, methylparaben tidak terakumulasi di dalam tubuh. Karena itulah, FDA masih melakukan studi dan sampai saat ini belum mengategorikan methylparaben sebagai bahan yang tidak aman, dan mengizinkan penggunaan bahan tersebut di dalam kosmetik.

Namun, ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap paraben, dan mengalami gejala seperti kulit memerah, gatal, atau bengkak pada mata. Jika Anda mengalami ini, sebaiknya jangan gunakan produk kosmetik dengan methylparaben, ya.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teratur

10 Tips Mencegah Jerawat dengan Perawatan Kulit Sehari-hari

Jerawat menjadi musuh banyak orang, agar jerawat tidak muncul maka ikuti beberapa tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit berikut ini.