18 Sep 2020, 14:32Perut

Apa bahaya bayi tertelan minyak telon?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, saat memakaikan anak baju setelah mandi biasanya saya biarkan anak saya main dengan minyak telon yang tertutup. Namun tanpa disengaja ternyata ada celah bocor sedikit dan sepertinya tertelan. Merk minyak telon yang digunakan tadi minyak telon my baby. Apakah ini bahaya dok?
1210 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Merawat bayi memang membutuhkan ke hati-hatian agar terhindar dari kejadian yang tidak di inginkan saat merawat bayi. Produk untuk bayi biasanya sudah menggunakan bahan yang cukup aman digunakan untuk bayi.Minyak telon biasanya digunakan untuk penggunaan luar, biasanya digunakan pada kulit bayi berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi. Jika minyak telon tidak sengaja tertelan pada bayi, bisa menimbulkan dampak yang tidak berbahaya dan juga menimbulkan dampak berbahaya. Perlu dicari tahu juga seberapa banyak cairan yang tertelan? Gejala apa yang muncul setelah bayi Anda menelan telon tersebut?

Beberapa gejala yang perlu di waspadai :

  • Muak dan muntah
  • Diare
  • Perut kembung
  • Muncul ruam kulit
  • Sesan napas
  • Kulit pucat atau kebiruan
  • Nadi cepat dan lemah
Apabilan beberapa gejala di atas muncul, sebaiknya segera bawa bayi Anda ke rumah sakit atau dokter anak terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dengan segera. Bila gejala tidak muncul cobalah beri lebih banyak minum anak Anda dengan ASI sesuai dengan kebutuhannya agar dapat menetralisir minyak telon yang sudah terlanjut tertelan pada saluran pencernaannya.Semoga informasi yang di berikan bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
bayi & menyusuitumbuh kembang bayibayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil