Apa bahaya AC bagi bayi dan anak penderita asma dan ISPA?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, apakah ada bahaya penggunaan AC untuk bayi dan anak yang mengidap asma atau ISPA?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L,

ISPA adalah infeksi saluran pernapasan atas yang seringkali dialami oleh anak-anak karena daya tahan tubuh yang masih kurang baik, sehingga mudah tertular bila ada orang sekitar yang sedang batuk dan pilek. Sedangkan asma adalah penyakit paru-paru yang sifatnya diturunkan di dalam garis keluarga dan tidak bisa disembuhkan, yang bisa dilakukan adalah mengendalikan agar tidak sering kambuh dan tidak sesak.

Perihal bolehkah memakai AC untuk anak-anak yang sedang sakit ISPA atau asma maka sebaiknya dihindari. Karena suhu yang dingin akan semakin memicu sesak serta batuk dan hidung tersumbat. Selain itu suhu yang dingin akan memicu bakteri berkembang biak.

Sebaiknya yang Anda lakukan bila anak Anda mengalami ISPA dan asma adalah:

  • Atur suhu ruangan tidak terlalu dingin. Boleh menggunakan AC namun atur suhunya berkisar 27-28 derajat saja. Dan pastikan untuk membersihkan AC secara berkala agar debunya tidak memicu asma.
  • Gunakan alat humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan.
  • Sediakan baskom dan isi air panas, kemudian arahkan anak untuk menghirup uap panasnya. Uap panas ini akan mengurangi keluhan hidung yang tersumbat.
  • Berikan air minum yang banyak untuk mengencerkan dahaknya.
  • Berikan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila keluhan tidak membaik, terlebih muncul sesak napas dan demam, maka sebaiknya periksa ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma

Menelisik Hubungan Sakit Maag dengan Asma

Beberapa teori menunjukkan bahwa maag dan asma (GERD) memiliki hubungan. Salah satu teorinya menyebutkan naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma.