Apa bahan dan cara menggunakan masker yang tepat untuk pria?

L Info Penanya: L, Wanita, 22 Tahun
Hi Dokter, aku tio umur 22 tahun. Aku punya masalah kulit pori-pori besar disekitar hidung dan bikin kulit kusam. Aku sempat coba beberapa masker dan jadi addicted pakai masker karena berasa bikin kulit lebih bersih. Tapi menurut teman-teman aku karena pori-pori aku besar aku ga disaranin untuk pake masker keseringan. Bener ga sih dok, bahaya pakai masker keseringan. Ada rekomendasi pemakaian dan ingredient masker yang tepat buat cowok seusia aku ga dok?Makasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Masker wajah alami dan masker wajah kemasan memiliki manfaat yang sama yaitu untuk deep cleansing, detoksifikasi, mengeksfoliasi, mencerahkan, menutrisi, melembabkan kulit, dan menenangkan kulit yang sedang iritasi, kemerahan.

Perbedaannya adalah: jika pada masker alami, bahan-bahannya alami dan mudah ditemukan, tanpa bahan pengawet, lebih murah. Tapi kekurangannya, membuat masker alami tidak praktis, hanya sekali pakai dan tidak tahan lama, hasilnya tidak instan. Sedangkan pada masker wajah kemasan, lebih praktis digunakan, bentuknya bermacam-macam (bubuk, pasta, sheet mask, peel off, jelly), terdapat bahan kimia atau bahan pengawet supaya masker tahan lama, harga lebih mahal. Adanya kandungan bahan kimia memungkinkan terjadinya iritasi yang dapat merusak kulit dan terkadang membuat ketergantungan terhadap satu produk masker tertentu. 

Produk-produk di dapur yang bisa Anda gunakan untuk membuat masker alami adalah:

Untuk Anda yang memiliki wajah dengan pori-pori besar, Anda dapat membuat masker sendiri dengan bahan-bahan ini:

  • Madu lemon
  • Teh hijau
  • Tomat
  • Oat
  • Pepaya
  • Timun

Anda dapat membaca cara membuatnya pada artikel berikut ini: Masker wajah untuk pori-pori besar

Salam sehat,

Dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan wajah seperti menggunakan masker dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pori-pori besar

Ingin Kecilkan Pori? Ini Dia Masker untuk Pori-Pori Besar

Ketika pori-pori di wajah semakin terlihat jelas, itu saatnya mencoba membuat masker untuk pori-pori besar. Mudah, murah, dan efektif jika rutin dilakukan.