Apa arti test pack 2 garis samar ?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 49 Tahun
Assalamualaikum dokSy sudah testpack sampai 2 kali tp hasilnya ttap sama duagaris samar, dan jg hmpir sebulan blm menstruasi juga dokAp sy hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Test pack yang menggunakan air seni di pagi hari merupakan salah satu metode pemeriksaan kehamilan yang paling sederhana untuk deteksi seorang wanita sedang hamil atau tidak. Namun disamping caranya yang sederhana, Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaan test pack yang benar sebagai berikut :

  1. Test pack paling cepat digunakan setelah 1 minggu terlambat haid, pemeriksaan yang terlalu dini dapat menimbulkan hasil negatif palsu.
  2. Pastikan test pack tidak kadaluarsa.
  3. Gunakan air seni di pagi hari ketika pertama kali kencing.
  4. Baca hasil test pack sesuai petunjuk dari masing-masing test pack. Karena pembacaan hasil yang terlalu cepat dapat menimbulkan kesan negatif, sedangkan pembacaan yang terlalu lama dapat menimbulkan kesan positif palsu akibat air seni yang menguap seperti garis samar.

Karena banyak kemungkinan hasil test pack, maka Anda juga perlu memperhatikan ciri-ciri lain kehamilan seperti mual muntah di pagi hari, badan lemas, perut kembung, payudara menjadi lebih sensitif, dll.

Selain itu Anda juga perlu memahami terlambat haid tidak selamanya disebabkan kehamilan saja, namun bisa juga disebabkan oleh stres, kelelahan, PCOS, berat badan yang tidak ideal, penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis, dll.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan sampel darah di laboratorium yang hasilnya lebih akurat atau langsung melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.