Apa arti HbsAg reaktif dan HbeAg reaktif?

WD Info Penanya: WD
Selamat sore dok, sya kmarin cek HBsag trnyata reaktif dan sudah cek HBeAg reaktif juga, maksudya gimna ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam W,

Hepatitis B merupakan salah satu jenis hepatitis yang penularannya melalui darah, air mani serta cairan tubuh lainnya dan seringkali akan menetap seumur hidup, hanya sebagian kecil saja yang bisa sembuh secara total. Banyak penanda yang digunakan untuk menentukan penyakit hepatitis B seperti HbsAg dan HbeAg seperti yang Anda lakukan.

Hasil HbsAg yang reaktif menunjukkan bahwa ada virus hepatitis B di dalam tubuh Anda. Sedangkan hasil HbeAg yang reaktif menunjukkan bahwa kondisi Anda saat ini sangat infeksius dan sangat besar kemungkinannya untuk menularkan virus hepatitis B ke orang lain.

Pengobatan hepatitis B bertujuan untuk mencegah munculnya komplikasi-komplikasi seperti sirosis hati, kanker hati, dll. Karena jika seseorang sudah terjangkit hepatitis B maka virus hepatitis B akan menetap seumur hidup di dalam tubuh, hanya sebagian kecil saja yang bisa menghilang dari tubuh.

Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala liver dapat dilihat dari warna urine yang pekat dan penyabnya sendiri biasanya akibat infeksi virus

Tanda Awal Gejala Liver yang Perlu Anda Waspadai

Gejala liver bisa terjadi secara akut maupun kronis. Tanda-tanda awalnya berupa kelelahan, urine yang pekat, dan kulit terlihat kuning. Penyebab gejala liver bisa bermacam-macam, yang tersering adalah akibat infeksi virus. Ada lima macam virus penyebab Hepatitis, di antaranya: virus Hepatitis A, B, C, D, dan E.