Apa arti HbsAg reaktif dan HbeAg reaktif?

WD Info Penanya: WD
Selamat sore dok, sya kmarin cek HBsag trnyata reaktif dan sudah cek HBeAg reaktif juga, maksudya gimna ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam W,

Hepatitis B merupakan salah satu jenis hepatitis yang penularannya melalui darah, air mani serta cairan tubuh lainnya dan seringkali akan menetap seumur hidup, hanya sebagian kecil saja yang bisa sembuh secara total. Banyak penanda yang digunakan untuk menentukan penyakit hepatitis B seperti HbsAg dan HbeAg seperti yang Anda lakukan.

Hasil HbsAg yang reaktif menunjukkan bahwa ada virus hepatitis B di dalam tubuh Anda. Sedangkan hasil HbeAg yang reaktif menunjukkan bahwa kondisi Anda saat ini sangat infeksius dan sangat besar kemungkinannya untuk menularkan virus hepatitis B ke orang lain.

Pengobatan hepatitis B bertujuan untuk mencegah munculnya komplikasi-komplikasi seperti sirosis hati, kanker hati, dll. Karena jika seseorang sudah terjangkit hepatitis B maka virus hepatitis B akan menetap seumur hidup di dalam tubuh, hanya sebagian kecil saja yang bisa menghilang dari tubuh.

Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh U
07 Jun 2020, 17:07
Vaksin hepatitis pada bayi baru lahir apakah bisa didapatkan secara gratis ? Karena setahu ada program perintah mengenai itu dan itu bisa didapatkanya apakah cuma di puskesmas saja, atau semua rumah sakit juga menerapkan program itu?, Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 Jun 2020, 07:55
Selamat pagi U,
Vaksin Hepatitis adalah vaksin yang dipakai untuk mencegah infeksi hati dan sirosis akibat virus hepatitis B. Vaksin Hepatitis pada bayi yang baru lahir biasanya akan langsung di berikan saat bayi lahir. Tentunya jika Anda mempunyai BPJS vaksin ini bisa didapatkan dengan gratis saat melahirkan bisa di puskesmas ataupun di rumah sakit. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi rumah sakit terkait.
Salam sehat.
Dibalas oleh D
13 Jul 2020, 21:15
Détail infonya dari Dr Vina. seperti yg saya alami juga. Intinya sekarang saya hrs rutin mkn obat TKV/Entecavir untuk mencegah replikasi dr virus itu sendiri. Dan 6 bln lagi sy disrh check kembali HBV DNA, dan ini mmg mahal sekali sekali test
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
14 Jul 2020, 23:33
Selamat malam, D,
Betul sekali seperti yang telah dijelaskan oleh dokter Vina, bahwa konsumsi obat antivirus rutin merupakan cara terbaik untuk mencegah replikasi dari virus yang dapat menimbulkan komplikasi pada organ hati. Namun, demikian untuk pemeriksaan HBV DNA dapat Anda diskusikan kembali alternatifnya dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk solusi yang terbaik bagi Anda.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala hepatitis B seringkali tidak disadari kemunculannya

9 Gejala Hepatitis B yang Sering Menyerang Diam-Diam

Penyakit ini seringkali disebut sebagai infeksi diam-diam. Sebab, gejala hepatitis B sulit dikenali dan bahkan seringkali tidak muncul saat infeksi pertama kali terjadi. Lalu, bagaimana mengenalinya jika Anda terserang virus ini?