Apa alergi klindamycin?

ND Info Penanya: ND, Wanita, 20 Tahun
Dok, saya habis minum obat clindamicyn kulit saya gatal" seperti biduran. Apakah berarti saya alergi antibiotik? dan amankah jika saya langsung minum obat antihistamin padahal belum lebih dari 2 jam saya minum obat antibiotik tersebut? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ND,

Biduran/ urtikaria adalah reaksi alergi berupa ruam-ruam kemerahan yang terasa sangat gatal dan menyebar di seluruh tubuh. Selain munculnya ruam tersebut, reaksi alergi juga bisa ditandai dengan adanya keluhan sesak napas, muka bengkak, napas berbunyi ngik-ngik.

Klindamycin merupakan salah satu jenis antibiotik golongan Macrolide. Pada kasus Anda, muncul keluhan gatal dan biduran setelah mengonsumsi obat klindamycin maka kemungkinan besar Anda mengalami alergi Klindamycin. Alergi pada salah satu jenis golongan antibiotik bukan berarti alergi dengan semua jenis antibiotik, namun Anda harus lebih berhati-hati atau menghindari antibiotik golongan Macrolide.

Sampaikan pada dokter setiap kali melakukan pemeriksaan bahwa Anda alergi dengan obat klindamycin untuk mencegah reaksi alergi muncul kembali.

Sedangkan obat golongan antihistamin merupakan obat yang sering digunakan untuk menghilangkan reaksi alergi dan harus diminum sesegera mungkin ketika reaksi alergi sudah mulai muncul.

Bila Anda alergi dengan salah satu obat, Anda harus waspada ketika mengonsumsi obat lain, karena ada kemungkinan Anda alergi dengan obat yang lainnya. Namun untuk saat ini obat yang harus Anda hindari adalah obat golongan Macrolide.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep eksim dengan kandungan yang tepat bisa membantu dalam mengurangi gejala eksim

Pilih Jenis Salep Eksim yang Tepat untuk Atasi Gangguan di Kulit

Eksim atopik dapat menimbulkan gejala gatal-gatal, dari yang ringan sampai gatal yang hebat. Untuk mengatasinya, tersedia salep eksim dengan kandungan bahan aktif yang berbeda-beda. Bagaimanakah cara memilih salep yang tepat berdasarkan tingkat keparahan gejala eksim?