Apa alergi dingin bisa dihilangkan?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 15 Tahun
Apakah bisa hilang alergi dingin?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AD,

Alergi merupakan kondisi dimana tubuh lebih sensitif terhadap faktor-faktor alergen seperti makanan (seafood, cokelat, kacang, telur), cuaca dingin, debu, bulu binatang, serbuk bunga. Ketika tubuh terpapar oleh alergen tersebut, maka tubuh akan bereaksi secara berlebihan dan memunculkan gejala seperti ruam kemerahan, gatal, bersin-bersin, sesak napas, muka bengkak, dll.

Alergi tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah menjaga agar alergi tidak sering kambuh dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari alergen-alergen yang menjadi pemicu munculnya alergi. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan cara mengonsumsi sayur dan buah, istirahat secara teratur, olahraga setiap hari selama 30 menit, minum air putih minimal 2 liter setiap hari. Bila  muncul alergi, maka segera minum obat golongan antihistamin dan oleskan calamine lotion untuk meredakan rasa gatal.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk mengetahui alergen apa saja yang menyebabkan Anda alergi.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minyak kayu putih bisa meredakan gatal dan bentol pada kulit akibat alergi dingin

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin timbul akibat reaksi kulit terhadap udara dingin, air dingin, benda yang dingin, dan makanan maupun minuman yang dingin. Akan tetapi, alergi dingin yang paling umum terjadi yaitu karena udara dingin. Tanda-tanda alergi dingin biasanya adalah kulit kemerahan, pusing, tangan bengkak, gatal, dan bentol-bentol.