22 Mar 2021, 06:21Infeksi

Apa aku masuk angin?

MK
Info Penanya: MK0
Dok, saya ingin menanyakan penyakita yang saya alamin pertamanya batuk lama-lama penyakitnya sampe ketengorokan hingga susah menelan makanan setelah itu panas tinggi, kepala pusing, perut kembungg bangett rasanya udh gtu badan padaa merasa pegel dan gbsa tidur dokk.. Mohon jawabnnya?
153 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore MK,Masuk angin adalah salah satu istilah yang digunakan orang awam untuk menggambarkan adanya keluhan-keluhan meriang, flu, batuk, mual atau badan sakit semua. Dari segi medis hal tersebut bisa karena infeksi saluran napas, sedang tidak enak badan, kelelahan, sering bergadang, gangguan lambung, dll.Perihal keluhan yang Anda rasakan maka bisa saja disebabkan oleh gangguan lambung atau yang disebut dengan GERD. Kondisi GERD ini akan menimbulkan keluhan nyeri dada, dada terasa panas yang terkadang tembus ke punggung, mual, tenggorokan terasa kering atau mengganjal dan memicu timbulnya batuk. Namun karena disertai dengan demam maka bisa saja disebabkan oleh radang tenggorokan, ISPA, atau gejala infeksi corona.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi gejala-gejala demam, nyeri menelan, perut kembung dan batuk adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan demamnya.
  • Minum antacida agar perut tidak kembung dan tidak mual.
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering.
  • Minum echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
  • Hindari makanan pedas, asam, kopi, serta soda.
Bila keluhan demam sudah melebihi 3 hari maka sebaiknya lakukan pemeriksaan darah lengkap dan swab tes antigen untuk memastikan penyakit Anda. Anda perlu lebih waspada di tengah pandemi seperti sekarang ini dan lakukan pemeriksaan ke dokter.Salam sehat,dr. Vina 
radang tenggorokangerdfaringitiscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil