Apa akibatnya jika sering onani setiap hari

QQ Info Penanya: QQ, Pria, 2019 Tahun
Mau tanya untuk teman saya.Apa akibatnya jika sering melakukan onani tiap hari..? Dan apakah tidak bisa mempunyai keturunan.?Serta bagaimana cara menghentikan onani ..?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi QQ,

Masturbasi atau onani sering kali dikaitkan dengan beberapa mitos seperti bisa menyebabkan kemandulan atau kebutaan. Hal tersebut hanyalah mitos tetapi jika terlalu sering melakukan onani juga bisa memiliki efek yang kurang baik seperti:

  • Berisiko menimbulkan iritasi pada kulit kelamin
  • Berisiko terjadinya infeksi seperti infeksi menular seksual terlebih jika menggunakan alat bantu
  • Bisa menimbulkan gangguan seksual ketika berhubungan seksual secara nyata dengan pasangan
  • Mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa menimbulkan kecandua

Sedangkan beberapa hal positif dari onani diantaranya dapat meredakan stres, meningkatkan produksi hormon baik, meningkatkan hasrat seksual, membantu mengetahui agar bisa orgasme dengan lebih mudah dan lainnya.

Untuk menghentikan kebiasaan onani sendiri diperlukan niat dan juga menghindari paparan konten yang menimbulkan hasrat seksual dan melampiaskannya dengan beronani, melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, mengalihkan pikiran dengan kegiatan lain yang disenangi dan memeriksakan diri pada dokter jika masih kesulitan menghentikan kebiasaan onani. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masalah pada lubang penis sering kali terjadi karena kerbersihan alat vital dihairaukan

Masalah pada Lubang Penis, Apakah Indikasi Fimosis? Ini Penjelasannya!

Tidak menjaga kebersihan penis bisa memicu masalah pada lubang penis. Salah satunya adalah fimosis yang dapat menyebabkan nyeri hingga peradangan. Fimosis sendiri akan menimbukan rasa nyeri pada saat buang air kecil dan berhubungan seksual.