Apa akibat mengorek telinga?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 19 Tahun
Selamat sore dok.. saya mengalami keluhan pasa telinga kanan saya. Beberapa hari yg lalu telinga saya terasa gatal. Kerena gatal saya mengoreknya dengan lidi yg di lapisi kapas, dan keluar cukup banyak kotoran. Tpi ktika saya bangun esok paginya, telinga saya seperti tertutup sesuatu sehingga pendengaran berkurang. Terus juga berdenging dan terkadang sakit... Mohon informasi dokter, penyembuhan seperti apa yang sebaiknya saya lakukan? dan obat apa kiranya yang tepat? Terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SM, 

Keluhan yang timbul adalah akibat mengorek telinga menggunakan lidi dan kapas karena bisa memicu iritasi dan infeksi pada saluran telinga. Selain itu membersihkan telinga menggunakan lidi dengan kapas ataupun menggunakan cotton bud juga bisa mendorong kotoran masuk bertambah dalam dan menumpuk.

Untuk saat ini jika timbul telinga yang nyeri, berair, berdengung dan ada penurunan pendengaran bisa terjadi karena peradangan dan juga infeksi yang disebut dengan otitis media.

Upayakan tidak mengorek dan membersihkan menggunakan lidi kapas lagi, bersihkan cairan yang keluar dari telinga saja. Dan segera periksakan diri. Nantinya akan dilakukan penanganan baik dengan pemberian obat untuk gejala yang timbul dan juga bisa dilakukan pembersihan telinga.

Sementara bisa konsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri yang timbul dan segera periksakan diri pada dokter atau dokter THT. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi Gendang Telinga Serta Cara Merawatnya

Gendang telinga adalah lapisan tipis berwarna keabuan yang membatasi antara telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah. Fungsi gendang telinga untuk menerima getaran suara dari luar yang tersalur lewat liang telinga. Jika gendang telinga rusak, pendengaran bisa terganggu.