Apa akibat mengorek telinga dengan tusuk gigi?

SP Info Penanya: SP, Pria, 33 Tahun
Selamat malam dok.. Saya mengalami keluhan di telinga.. Berawal mula telinga saya mengalami gatal yang luar biasa di dalam telinga.. Karena gatal yang luar biasa akhirnya saya korek telinga saya dengan tusuk gigi.. Keesokan harinya telinga saya berair sampai saat ini.. Mohon info dokter untuk penyembuhan apa yang harus saya lakukan dan obat apa yang cocok untuk telinga saya.. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SP,

Seharusnya dalam kondisi normal, telinga tidak perlu dikorek-korek untuk membersihkannya, karena ketika proses mengunyah dan berbicara, kotoran akan keluar dengan sendirinya. Namun bila didapatkan kotoran yang berlebihan, maka Anda dapat membersihkannya dengan meneteskan cairan pelunak kotoran.

Namun yang Anda lakukan adalah mengorek dengan tusuk telinga dan menimbulkan trauma pada telinga dalam serta timbul infeksi di dalam telinga yang ditandai dengan munculnya cairan dari dalam telinga. Hal yang harus Anda lakukan adalah memberi obat tetes telinga dengan kandungan antibiotik, namun sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter THT akan keadaan teling Anda tidak semakin parah yang dapat menyebabkan berkurangnya fungsi pendengaran.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.