Apa ada risiko untuk tertular ya dok

DP Info Penanya: DP, Pria, 2019 Tahun
Selamat siang dok, perkenalkan saya odha. Sudah minum obat ARV rutin, cd4 terakhir saya 401 dan viral load hampir tidak terdeteksi. Semalam saya berhubungan seksual dengan pasangan saya namun tidak anal hanya oral saja, kondisi mulut pasangan saya juga tidak sariawan. Apa masih ada resiko untuk tertular ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DP,

Penularan HIV dapat terjadi melalui beberapa cara seperti melalui hubungan seksual tanpa pengaman dengan ODHA, melalui penggunaan jarum suntik yang bergantian terutama pada pengguna narkoba suntik, melalui produk darah yang tercemar, ataupun dari ibu pada bayinya saat proses hamil dan melahirkan.

Jika saat ini sudah menjalani pengobatan dan melakukan hubungan seksual, risiko penularan memang kecil tetapi kemungkinan untuk tertular jika ada pertukaran cairan tubuh tetap ada. Oral seks tetap memiliki risiko penularan walaupun kecil dan jika ada luka pada mulut atau bibir risiko bisa bertambah. Untuk itu ada baiknya untuk tetap menggunakan pengaman seperti kondom karena selain menghindari risiko penularan HIV juga menghindari penularan penyakit menular seks lainnya.

Ada baiknya untuk membicarakan pada pasangan Anda agar dilakukan juga pemeriksaan secara berkala terlebih jika aktif melakukan hubungan seksual. Tetap konsumsi ARV secara berkala dan menjaga perilaku seks yang aman. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.