Berhubunan seksual 2x apakah ada kemungkinan untuk hamil?

RY Info Penanya: RY, Wanita, 22 Tahun
Dok saya ingin bertanya saya sudah berhubungan intim 2x dan sperma keluar didalam ,kira kira ada kemungkinan untuk hamil tidak dok?tanggal haid saya itu juga sekitar tanggal 17an
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan proses bertemunya sel sperma dan ovum di dalam saluran indung telur. Kondisi ini bisa terjadi jika dilakukan pada saat wanita sedang masa subur (ovulasi). Jadi, sel telur siap dibuahi oleh sel sperma. Ovulasi atau masa subur terjadi 2 minggu setelah periode menstruasi yang terakhir. 

Jadi, jika Anda melakukan hubungan intim saat masa subur Anda, maka kemungkinan besar Anda bisa hamil. Tetapi, jika Anda melakukan hubungan intim di saat bukan masa subur Anda, maka sangat kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. 

Untuk memastikan Anda hamil atau tidak, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan testpack jika Anda mengalami telat haid dari tanggal yang seharusnya. Sebagai contoh, jika Anda biasanya haid setiap tanggal 17-an dan Anda belum juga haid, maka Anda bisa lakukan testpack. Sehingga lewat pemeriksaan ini dapat diketahui Anda hamil atau tidak.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai gerakan senam hamil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Bugarkan Tubuh dengan 7 Gerakan Senam Hamil yang Mudah Ini

Senam hamil bisa menjadi pilihan bila Anda tak ingin mengeluarkan keringat berlebihan. Dari berbagai gerakan senam hamil, ada beberapa gerakan yang dapat meningkatkan kelenturan maupun kekuatan tubuh para calon ibu.