Apa penyebab anyang anyangan dan munculnya flek setelah menstruasi?

I Info Penanya: I, Wanita, 22 Tahun
Pagi dok, saya baru menikah dan semenjak berhubungan suami istri setelah menstruasi saya sering anyang anyangan dok. Apakah itu normal ?Dan 2 hari yg lalu selesai menstruasi tapi sekarang muncul bercak darah seperti darah haid, kenapa ya dok ?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, I

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Disuria atau sering disebut dengan istilah anyang-anyangan adalah rasa tidak nyaman pada saat buang air kecil, rasa tidak nyaman bisa berupa rasa panas, nyeri, tidak lampias dan lain-lain.

Penyebab dari anyang-anyangan bisa karena beberapa hal diantaranya adalah:

  • Infeksi saluran kemih
  • Sumbatan pada saluran kemih
  • Infeksi penyakit menular seksual
  • Masalah pada organ reproduksi

Terkait dengan keluhan Anda, jika terjadi anyang-anyangan setelah melakukan hubungan suami isri kemungkinan bisa disebabkan adanya infeksi pada saluran kemih. Untuk itu sebaiknya mengunjungi dokter spesialis urologi untuk dilakukan permeriksaan lebih lanjut. Sedangkan munculnya bercak seperti darah haid beberapa hari setelah selesai masa haid bisa disebabkan oleh spotting atau sisa dari haid sebelumnya.

Pastikan anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, hidari aktifitas fisik berlebih, lakukan olahraga ringan agar badan bugar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.