Apakah saya mengalami gangguan kecemasan?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 13 Tahun
halo dok, saya umur 14 tahun. belakangan ini saya jadi gampang takut/cemas tentang hari besok atau takut ttg kegiatan yg akan saya lakukan pdhl kegiatan itu masih agak lama. saya juga jadi mudah tersinggung, mood gampang jelek, nafas saya juga jadi ga lega gt dok ga sesak nafas juga sih tapi trs saya juga jadi insomnia. kalau lagi ramai ramai saya lebih memilih menghindari juga dok. trs wktu itu saya liat di YouTube tes anxiety, saya dapet 9 dari 10 pertanyaan. jadi apa bnr sy anxiety dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Gangguan kecemasan adalah kondisi ketika seseorang sering merasa cemas terhadap sesuatu yang tidak pasti, belum terjadi, atau tidak jelas penyebabnya. Gangguan kecemasan bisa dipicu oleh riwayat cedera atau benturan di masa lalu, genetik, ataupun trauma psikologis.

Gejala gangguan kecemasan adalah:

  • Cemas akan apa yang akan terjadi ke depannya
  • Sering gelisah
  • Emosi tidak stabil
  • Sulit tidur
  • Jika parah, dapat disertai dengan jantung berdebar, sesak napas, mual, dan gejala fisik lainnya

Terkait kondisi yang Anda alami, perlu Anda ketahui bahwa diagnosis gangguan kecemasan ditegakkan oleh mereka yang memiliki kompetensi di bidangnya, misalnya psikolog atau dokter spesialis jiwa. Tes online mungkin dapat memberikan gambaran, tetapi tidak bisa dijadikan acuan untuk pemberian terapi.

Oleh karena itu, apabila Anda merasa memiliki gangguan kecemasan, beritahulah kepada orangtua Anda tentang apa yang Anda rasakan. Bersikap lebih terbuka juga membantu mengurangi beban psikologis. Selain itu, Anda juga bisa mencurahkan kecemasan Anda dengan sehat, misalnya menulis, menggambar, atau bermain musik. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.